Senin, 18 Oktober 2010

Sejarah Singkat Lahirnya Bahasa Pascal

Nama Pascal diambil dari seorang matematikawan Perancis yang juga pionner dalam sejarah perkembangan komputer. Pada tahun 1641 pada usia 18 tahun, Blaise Pascal telah membuat sebuah mesin aritmatika yang pertama.


Mula-mula komputer diprogram dengan menggunakan bahasa mesin dan assembly. Bahasa pemograman jenis ini merupakan bahasa yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi sehingga sulit dimengerti oleh si penggunanya. Dengan demikian bahasa pemograman seperti itu akan memakan waktu yang sangat lama dan dapat menghabiskan banyak dana. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dikembangkanlah bahasa pemograman yang hampir menyerupai bahasa manusia. Salah satu bahasa tersebut adalah bahasa pascal.

Bahasa-bahsa tingkat tinggi yang telah dikembangkan pada saat itu adalah FORTRAN (Formula Translation - 1957), COBOL (Common Business Oriented Language - 1959), ALGOL (Algorithmic Language - 1960), BASIC (1964), C (1971), ADA (1983), C++ (1983) dan lainnya.

Bahasa Pascal telah selesai dikembangkan pada tahun 1970 oleh seorang profesor bernama Niklaus Wirth di politekhnik Zurich, Swiss. Tujuannya adalah untuk mempermudah mahasiswanya dalam mempelajari pemograman secara sistematis. Bahasa Pascal adalah bahasa pemograman yang memiliki struktur paling teratur dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu, bahasa pascal banyak digunakan di kalangan pelajar. Sedangkan untuk di dunia industri, memang penggunaan bahasa C/C++ lebih unggul dari pada bahasa pascal.

Selain pascal yang biasa yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth, bahasa yang populer dalam dunia pascal adalah UCSD Pascal yang berjalan dibawah sistem operasi P-System UCSD.

Pada tahun 1978 UCSD Pascal digunakan untuk pengembangan interpreter 6502 oleh Richard Gleaves dan Mark Allen, yang akhirnya menjadi dasar pembentukan Appel Pascal yang dibuat oleh Apple Computer.

Akhirnya pada tahun 1993, Pascal Standads Commitee mengeluarkan ekstensi objek kedalam bahasa pascal sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar